Cara Lapor Bug Website Dengan Benar

 


Lapor bug website, mungkin kata tersebut sudah tidak asing bagi kalian yang pencinta IT, buat kalian yang tidak mengerti Bug Hunter itu apa saya jelaskan sedikit saja. Program bug bounty di Indonesia lebih dikenal dengan istilah "Bug hunter" adalah kesepakatan yang ditawarkan oleh banyak situs web, organisasi, dan pengembang perangkat lunak dimana individu dapat menerima pengakuan dan kompensasi, untuk melaporkan bug, terutama yang berkaitan dengan eksploitasi dan kerentanan keamanan.


Mungkin itu saja, bagaimana kita melaporkan bug dengan baik dan benar? Berikut ini:


GUNAKAN BAHASA YANG SOPAN, JELAS, DAN MUDAH DIMENGERTI!


Banyak para bug hunter pemula yang tidak mengerti sopan santun saat berbicara bersama admin website di media sosial. Budayakan untuk koreksi terlebih dahulu sebelum mengirim pesan, mungkin bagi kamu itu sopan tapi bagi orang lain itu enggak ada sopan santun nya sama sekali sehingga admin website enggan untuk membalas pesan darimu


CONTOHNYA:




Seperti contoh diatas, Banyak para bug hunter pemula yang memakai bahasa seperti diatas terebut

Bagaimana admin website mau balas pesan darimu, cara lapor mu aja salah, ga jelas, susah dimengerti, memakai bahasa layaknya seperti kepada teman sendiri!

Kalau pesan nya ga dibalas pasti kalian pernah bacot di story whatsapp atau di media social lainnya seperti ini "Admin k*nt*l, gua lapor bug ga pernah di jawab anj*ng".


Sudah saat nya kita merubah pikiran kita untuk menjadi lebih dewasa lagi, saya kasih saran buat kalian yang ingin menjadi bug hunter, Jangan gunakan bahasa seperti diatas tadi, gunakanlah bahasa yang sopan dan jelas


Contoh dari saya seperti ini:


Ingat ini hanya contoh!


Nah mungkin bisa seperti itu, karena di bahasa tersebut mudah dipahami karena sudah menjelaskan nama kalian siapa, dari team mana kalian, dampak dari bug nya apa. Jika sudah laporan seperti itu maka admin akan menjawabnya mungkin seperti 2 jawaban dibawah ini:


1. Admin website: Siap mas "namamu", saya membuka program bug bounty untuk 1website mungkin saya bisa kasih reward "Hadiah", silahkan jelaskan bug nya seperti apa


tapi bisa saja jawaban nya seperti ini:


2. Admin website: Terimakasih sudah menghubungi saya, maaf sebelumnya saya tidak membuka program bug bounty mas


jika jawabannya seperti yang ada di nomor 2 mungkin itu bukan rezeki kalian wkwk




oke sekian itu saja dari saya, kalau ada yang salah mohon di koreksi ya

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form